Akademisi: Karena Politik Uang, Lembaga Survey Keluarkan Hasil Karangan

KIPRAH.CO.ID– Lantaran hasil yang dikeluarkan lembaga survey sukses menggiring opini masyarakat siapakah yang akan memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung.

Pengamat Politik Universitas Lampung (Unila) Yusdianto menyebut, hasil Quick Count sementara Pilgub Lampung yang dikeluarkan sejumlah lembaga survey tidak bisa dipercayai sepenuhnya.

Dengan alasan, pria akrab disapa Yusdianto menduga, hasil yang dikeluarkan sejumlah lembaga survey merupakan hasil karangan.
Karena dipicu, terdapat indikasi politik uang yang akan diterima lembaga survey jika mengeluarkan hasil pemenangan paslon tertentu.

“Iya makanya itu, kita tunggu saja hasil Real Count yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung,karena hasil yang dikeluarkan lembaga survey tergantunjg dengan subjek dan objek, maksutnya sedikit beraroma politik uang,” ujarnya, Rabu (27/6).

Karena itu, dia menyayangkan jika terdapat masyarakat yang masih mempercayai hasil yang dikeluarkan lembaga survey, karena berdasarkan penilaiannya hasil Quick Count bersifat asumsi.

“Namanya juga lembaga survey, jadi mereka mengeluarkan hasil Quick Count berdasarkan asumksi mereka sendiri, tergantung pelaksana. Jika benar mereka bermain politik uang atau tidak kan sudah tergambar oleh kita,” kata dia.

Untuk itu, masyarakat Provinsi Lampung diminta tidak terlalu mempercayai hasil lembaga survey, sembari menunggu hasil resmi yang dikeluarkan KPU. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.