Festival Krakatau 2018, Pemkot Metro Bopong Tema The Majestic Of Siger Lampung

KIPRAH.CO.ID– Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Bidang Pariwisata, ikut serta memeriahkan Lampung Culture and Tapis Carnival yang merupakan acara penutup dari rangkaian Lampung Krakatau Festival ke-28 tahun 2018.

Lampung Culture and Tapis Carnival diikuti kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, start dari Lapangan Saburai Korem 043/Gatam, Bandarlampung, Minggu (26/8/2018).

Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), turut serta berpartisipasi dengan mengusung tema The Majestic Of Siger Lampung. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Metro, Meli Darti Jayasinga.

Ia menguraikan, tema yang di angkat dan di usung Kota Metro dengan menggambarkan dan menceritakan para muli/gadis Lampung dengan berhiaskan Siger, sebagai lambang keagungan dan kehormatan masyarakat Lampung. Menarikan tari cangget, yang konon sebelum kedatangan bangsa Jepang ke Indonesia, juga selalu ditampilkan dalam setiap acara yang berhubungan dengan gawi adat, seperti upacara pendirian rumah, panen raya, dan pengantar orang yang akan menunaikan ibadah haji.

“Tujuannya tidak hanya sekedar melihat gerak-gerik pemuda pemudi yang sedang memperagakan tarian cangget saja, tapi juga kehalusan budi, ketangkasan, dan keindahan mereka merias diri serta mengenakan pakaian adat Lampung,” kata Meli.

Tema The Majestic Of Siger Lampung, lanjutnya, melibatkan partisipasi 50 (lima puluh) mahasiswa dan pelajar dari berbagai sekolah se-Kota Metro, di bawah arahan dan bimbingan Parno Setiawan. (rls/ded)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.