Hari Pahlawan, Walikota Metro Bacakan Amanat Menteri Sosial

KIPRAH.CO.ID– Walikota Metro Achmad Pairin memimpin upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-73 tahun yang mengusung tema “Semangat Pahlawan Di Dadaku” di Lapangan Samber Kota Metro, Sabtu (10/11/18).

Turut hadir Sekda Kota Metro, Forkopimda Metro, Ketua PKK, Kepala OPD se-Kota Metro, Kapolres Metro. Pembacaan pesan–pesan pahlawan dibacakan oleh Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda.

Amanat Inspektur upacara, dalam sambutannya Walikota Metro membacakan Amanat Menteri Sosial RI. “Bangsa Indonesia pada hari ini memperingati Hari Pahlawan 2018 untuk mengenang peristiwa pertempuran di surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya,” kata Pairin membacakan sambutan.

Prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik seperti yang saat ini kita lakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di Perwakilan Negara Republik Indonesia di Luar Negeri.

Seluruh rangkaian tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai bagi bangsa dan negara, karena peringatan ini bukan semata sebagai acara peringatan namun substansi harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan harus ditanamkan dikehidupan kita. Karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan bagi bangsa dan negara. Peringatan ini menjadi momentum bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri.

“Selamat Hari Pahlawan tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,” katanya.

Seusai upacara di lanjutkan dengan pernyataan sikap bersama kpd tokoh lintas agama dan lintas suku se-kota metro dalam rangka menghadapai pesta demokrasi tahun 2019. (rls)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.