Tak Berkategori  

Maulid Nabi Muhammad SAW, Rekatkan Ukhuwah Islamiah Napi Lapas Gunungsugih

KIPRAH.CO.ID– Melalui moment peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad Shalallahual’aihiwasllam 1440 H–2018 M, dimanfaatkan para Narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunungsugih, Lampung Tengah, untuk meningkatkan dan memperkuat hubungan Persaudaraan dalam Islam (Ukhuwah Islamiah).

Kepala Lapas Gunungsugih, Syarpani, mengatakan ukhuwah Islamiah adalah ikatan persaudaraan, yang terjadi karena adanya hubungan aqidah, atau kepercayaan. Artinya, karena satu agama yang sama, yaitu Islam sehingga dapat menyatukan umat, dalam satu ikatan persaudaraan.

Saling menasehati dalam kebaikan, melarang pada kemungkaran, karena ikatan dalam satu aqidah, sehingga ada panggilan dalam hati, yang menganggap sesama umat muslim sebagai saudara.

“Ikatan ini akan terus ada, selama kita menjaga keyakinan kita secara benar,” ujar Syarpani, dalam sambutannya pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Alfurqon Lapas, Selasa (20/11/2018).

Selain itu, imbuh Syarpani, tujuan lain pentingnya membangun kebersamaan, dan menjalin persaudaraan yang lebih akrab, adalah salah satu upaya menciptakan Lapangan agar selalu dalam keadaan aman, sejuk dan kondusif.

“Kunci suksesnya program pembinaan dalam Lapas, adalah menciptakan kondisi aman dan tertib. Salah satunya meneladani Rasulallah SAW yang selalu menjaga silaturahmi, dengan saling sokong dan membahu, suasana penuh kekeluargaan,” ungkap pria pendiri Kamar Santri AlFurqon itu.

Sementara itu, Ust. Rusdianto dalam tausiahnya menyampaikan, agar para santri dalam Lapas dapat memaknai perilaku dan meneladani Nabi Muhammad SAW. Dengan mengikuti semua sunnah-sunnahnya, menjalani ibadah sesuai contoh Rasulullah Shalallahual’aihiwasllam.

“Maknai peringatan ini, dengan menjaga emosi, jangan karena salah menyapa seseorang langsung berkelahi. Mari pupuk tali silaturahmi antar sesama,” tuturnya. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.