Pemprov Bersama BKKBN Beri Anugerah Kencana Duta GenRe 2018

KIPRAH.CO.ID– Duta Generasi Berencana (GenRe) terpilih mesti dapat menjadi ikon remaja yang ideal, dapat diteladani, serta mampu mengajak generasi muda terhindar dari pernikahan dini, sex pra nikah, dan narkoba.

Hal ini disampaikan Pjs Gubernur Didik Suprayitno, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, Heri Suliyanto, saat kegiatan Anugerah Kencana Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018 di Hotel Emersia, Bandar Lampung, Minggu (29/4/2018).

“Duta GenRe juga harus memiliki pengetahuan, kesadaran sikap dan prilaku kehidupan yang sehat dan bentanggung jawab. Seorang duta harus memiliki cara pandang yang visioner dalam menyongsong hari depannya, dapat membawa diri dan berprilaku yang baik, serta dapat menjadi teladan bagi remaja yang lainnya,” ujarnya.

Menurut Heri, anugerah tersebut akan diberikan kepada Duta GenRe provinsi yang nanti terpilih. Acara yang diselenggarakan 27-29 April 2018 ini, diikuti 40 peserta dari Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Jalur Pendidikan Putra, Jalur Pendidikan Putri, Jalur Masyarakat Putra, dan Jalur Masyarakat Putri.

Pada puncak acara yang dilaksanakan Minggu ini, setiap jalur menyisakan masing-masing lima finalis untuk selanjutnya akan diumumkan juara 1,2 dan 3 pada setiap jalur. Dewan juri terdiri dari BKKBN Provinsi Lampung, Penyuluh Narkoba BNN Provinsi Lampung, Psikolog, Forum GenRe Indonesia dan Forum GenRe Lampung.

Heri menjelaskan, pemilihan Duta GenRe merupakan ajang kompetisi yang harus disikapi secara sehat dan positif dan sudah tentu setiap kompetisi pasti ada yang gagal dan yang beruntung. “Saya berharap kepada seluruh peserta harus siap kalah dan siap menjadi pemenang. Saya berpesan bagi yang menang tetaplah bersikap rendah hati dan bagi yang belum beruntung, harus legowo dengan lapang dada menerima kekalahannya. Karena pada dasarnya semua peserta yang mengikuti kompetisi ini adalah putra-putri terbaik dari Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Jalur Pendidikan dan Jalur Masyarakat se-Provinsi Lampung,” jelasnya.

Selain ajang kompetisi, lanjut Heri, pemilihan Duta GenRe ini juga merupakan ajang promosi dan sosialisasi program GenRe. “Kami berharap kepada seluruh peserta yang mewakili masing-masing PIK-nya agar mampu menjadi duta, yang dapat membantu mempromosikan dan mensosialisasikan program GenRe bagi para remaja di daerahnya masing-masing,” terangnya. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.