Pimpin Penilaian Lomba Kesrak PKK-KKPBK-Kesehatan Lampung Tengah, Yustin Ficardo Disambut Kesenian Reog Ponorogo

KIPRAH.CO.ID– Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Yustin Ridho Ficardo, menghadiri penilaian Lomba Kesrak PKK-KKPBK-Kesehatan dan Lomba Kegiatan PKK Kabupaten Lampung Tengah di Kampung Tulung Kakan, Kecamatan Bumiratu Nuban, Lampung Tengah, Rabu (5/12/2018).

Kehadiran Yustin disambut kesenian budaya asal Jawa Timur, Reog Ponorogo. Selain itu, untuk menuju lokasi acara, Yustin datang dengan menaiki kereta kuda. “Pelaksanaan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKPBK Kesehatan Tahun 2018 ini disertai Lomba KegiatanPKK merupakan salah satu ajang untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan berbagai kegiatan yang dilakukan selama 2018,” ujar Yustin saat membacakan sambutan.

Yustin mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan kegiatan Bakti Sosial TNIKB-Kesehatan Terpadu hingga bulan Oktober. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan Kesrak PKK-KKPBK-Kesehatan yang dilaksanakan sejak Oktober hingga Desember. “Kegiatan ini diharapkan mampu memicu keberhasilan PKK dalam menggerakkan keluarga dan masyarakat untuk berprilaku Iebih baik dan berperan dalam menyukseskan program pemerintah,” kata Yustin.

Selain itu, masih kata Yustin, kegiatan ini mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Kemudian, mewujudkan masyarakat yang Iebih sejahtera. “Kader PKK sampai ke tingkat Dasawisma diharapkan dapat mensosialisasikan program E-money. Di dalamnya terdapat potensi ekonomi di desa yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan Iayanan jasa keuangan, seperti memiliki tabungan, pinjaman,” ujar Yustin.

Yustin menyebutkan akan adanya penilaian terhadap empat jenis kegiatan yakni Kesrak PKK-KKPBK Kesehatan, Posyandu, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga, serta Lingkungan Bersih dan Sehat. Lalu, untuk Lomba Kegiatan PKK dilakukan penilaian terhadap lima jenis kegiatan PKK.

“Lima jenis tersebut yakni pelaksana terbaik Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja, Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Halaman ASRI Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK dan Pelaksanaan Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Inspeksi Visual Asam Assetat (IVA) Test,” kata Yustin yang juga Duta Kanker Serviks Lampung. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.