Antusias Masyarakat dan Kemeriahan Lomba di Desa Wates Kecamatan Way Ratai

KIPRAH.CO.ID– Kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten Pesawaran yang berlangsung di Desa Wates, Kecamatan Way Ratai pada Senin (11/3/2019) berjalan sukses, meriah, dan disambut antusias oleh masyarakat untuk menyaksikan perhelatan yang di suguhkan.

Diketahui, lomba antar desa merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat perkembangan desa secara menyeluruh, meliputi penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Lomba desa tingkat kabupaten tahun 2019 merupakan kegiatan pembinaan, dilaksanakan secara terpadu, mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Dalam penilaian lomba, ada banyak kategori. Baik dalam pembangunan infra struktur, administrasi desa, sosial, budaya, seni, dan lainnya.

Kepala Desa Wates, Andes Irawan
Kepala Desa Wates, Kecamatan Way Ratai, Andes Irawan, dalam sambutannya mengucap syukur karena tim penilai lomba telah melaksanakan tugas dengan baik.

“Lomba ini bertujuan untuk, mengetahui tingkat kepatuhan pemerintah desa dalam melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan, serta mengetahui pencapaian hasil pembangunan,” tuturnya.

Menurut Andes, lomba desa bukan sekedar ajang adu gengsi dan seremonial, tapi untuk mengetahui kemajuan yang telah dicapai, dan pembenahan-pembenahan yang harus dilakukan pada masa akan datang khususnya di Desa Wates, Kecamatan Way Ratai.

Selain itu, sambungnya, untuk mengasah kreativitas, menumbuhkan rasa memiliki, dan kepedulian terhadap kemajuan desa. “Salah satu kebanggaan bentuk kreatifitas warga yang diunggulkan dalam lomba desa ini, hasil kerajinan binaan dari Karang Taruna dan BumDes yakni Pengrajin Bonsai. Di sini kita bisa mendapatkan “Income” karena harga bonsai lumayan pantastis,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan lomba desa tahun 2019 di Desa Wates, Andes menyebut telah banyak melakukan berbagai persiapan dengan maksimal.

Ia menjelaskan, program kerja yang diatur di desa sangat efisien baik dari pelayanan, kemasyarakatan, serta sosial budaya, guna mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersinergi dan mumpuni.

“Ini menjadi tolak ukur dan menjadi tahapan awal yang harus dilalui, dengan tujuan untuk memberikan gambaran umum kondisi dan potensi Desa Wates, Kecamatan Way Ratai,” kata Andes.

Selain itu, lanjut dia, keberhasilan pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, serta inovasi dan prestasi yang telah diraih oleh desa.

“Harapan kami, Desa Wates, Kecamatan Way Ratai akan mendapatkan hasil yang maksimal. Keluar sebagai juara di lomba desa tingkat kabupaten ini. Saya beserta aparatur desa dan masyarakat bekerja keras melakukan persiapan lomba desa tingkat kabupaten ini, agar bisa juara satu dan bisa mewakili Kabupaten Pesawaran dalam lomba desa tingkat provinsi bahkan tingkat nasional,” tutupnya. (YD)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.