Aset Pekon dan Anggaran Bumdes Pekon Pemerihan Tidak Jelas

KIPRAH.CO.ID– Masyarakat Pemerihan, Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat mempertanyakan memori dan aset pekon kepada peratin setempat.

Kepada wartawan beberapa warga Pemerihan menceritakan banyak aset pekon yang keberadaannya tidak jelas, disinyalir belum diserahkan oleh Peratin terdahulu.

“Aneh ya kok aset pekon keberadaannya tidak jelas, mestinya disaat serah terima Peratin lama ke Peratin baru, semua aset pekon ikut diserahterimakan. Disini kok enggak, aneh kan,” ujar warga yang namanya enggan disebutkan.

Selain itu, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pemerihan juga dipertanyakan kejelasannya. Sebab, menurut informasi anggaran Bumdes realisasinya membeli kambing untuk diternak secara bergilir oleh warga sampai kini tak jelas rimbanya.

” Anggaran dan realisasi Bumdes tidak jelas, dimana setahu kami anggaran Bumdes untuk membeli kambing dan nantinya dipelihara warga secara bergantian, namun hingga kini anggaran maupun kambing yang dijanjikan belum ada realisasinya,” terang warga.

“Saya sudah konfirmasi kepada Peratin Pemerihan (Subantoro), terkait bumdes, pihaknya ( Peratin) sudah memanggil pengurus Bumdes secara tertulis, akan tetapi hingga kini masih tidak jelas,” ucap warga menirukan ucapan Peratin.

Semestinnya tambah warga, kalau pengurus lama tidak mampu mengurus dan mengelola Bumdes , sebaiknya diserahkan kepada pekon atau Peratin. Sehingga nantinya dibentuk kepengurusan baru.

“Janganlah menghambat kepentingan pekon. Bumdes itu tujuannya untuk membantu perekonomian masyarakat, sesuai dengan visi-misi Subantoro, Peratin Pemerihan,” kata warga, Sabtu (14/1/2023). (Gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.