Bawaslu Pesisir Barat Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

KIPRAH.CO.ID– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat menggelar sosialisasi pengawasan pemilu selama dua hari, Rabu hingga Kamis (7-8 November 2018) di Sunset Beach, Pekon Way Redak, Kecamatan Pesisir Tengah. Sesi pertama, sosialisasi dilakukan bersama Ormas dan perguruan tinggi. Berikutnya, terhadap instansi pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh perempuan.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu 2019 ini, dibuka Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Irwansyah, dampingi anggota Heri Kiswanto (Kordiv PHL) dan Abd. Kodrat (Kordiv HPP). Kegiatan ini juga dihadiri Kasat Intel Polres Lampung Barat dan anggota Bawaslu Lampung Devisi Organisasi, Karno Ahmad Satarya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat, Irwansyah mengatakan upaya sosialisasi ini guna meningkatkan pengawasan partisipatif oleh semua masyarakat. Sehingga meminimalisir terjadinya tindak pelanggaran dalam setiap proses pemilu.

Karenanya, ia mengajak seluruh lapisan baik pemerintah, ormas, serta masyarakat untuk menjadi pengawas partisipatif dan melaporkan setiap temuan kepada Bawaslu. Sehingga terjalin sinergitas yang baik.

Sementara Bawaslu Lampung diwakili Devisi Organisasi, Karno Ahmad Satarya, mengajak untuk menyadari peran dan tanggung jawab semua lapisan dalam menyukseskan pemilu.

“Karena bukan hanya lembaga penyelenggara dan pengawas saja yang berkewajiban, tapi masyarakat juga memiliki peran dalam proses demokrasi. Tindakan nyata bisa dengan patuh terhadap peraturan, menjadi pemilih yang bijak, serta tidak mudah terprovokasi,” tuturnya. (Bakri/Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.