Bupati Dendi Apresiasi 114 Peserta Kontes Durian Unggulan

KIPRAH.CO.ID– Kontes durian unggulan yang diadakan Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran di Lapangan Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedongtataan, Jumat (25/1/2019).

Hadir dalam kegiatan ini Ketum Karang Taruna Pusat, Didik Mukriyanto, sekaligus anggota Komisi III DPR RI. Wakil Bupati Pesawaran, Eriawan. Head of Agre Product Directur PT.Great Giant Food, Fauzan. Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Kesuma Dewangsa. Kadis Pertanian Provinsi Lampung diwakili Kabid Holtikultura, Muferdy.

Dalam sambutannya Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, menyampaikan agar kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan, sehingga dapat menjadi ajang bergengsi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran.

Peningkatan konsumsi terhadap bahan pangan akibat meningkatnya pendapatan masyarakat, serta pengetahuan terhadap pentingnya gizi dan kesehatan, juga berpengaruh terhadap permintaan komoditas hortikultura, baik untuk sayur dan buah.

“Komoditas hortikultura memiliki prospek yang cukup menjanjikan baik dari segi permintaan dan harga pasar, selain itu masih tingginya angka impor produk hortikultura di Indonesia, menjadikan komoditas ini cukup potensial untuk dikembangkan,” ujarnya.

Menurut Dendi, pengembangan sub sektor hortikultura dalam perspektif paradigma baru, tidak hanya terfokus pada upaya peningkatan produksi komoditas saja namun terkait dengan isu-isu strategis dalam pembangunan secara luas, antara lain pelestarian lingkungan; penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan; menarik investasi skala kecil dan menengah; pengendalian ketersediaan dan pasokan untuk menjaga inflasi dan stabilisasi harga komoditas strategis (cabai dan bawang merah).

Karena itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pertanian melakukan kontes buah dalam rangka untuk mensosialisasikan dan mendukung kearifan potensi unggulan buah durian lokal menjadi buah unggulan nasional.

“Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu kabupaten di Lampung yang mengembangkan tanaman durian selain tanaman pisang, jeruk, kelengkeng, alpukat dan manggis. Durian turut menempati posisi sebagai komoditas hortikultura unggulan di Kabupaten Pesawaran yang keberadaannya layak diperhitungkan. Jumlah tanaman durian di Kabupaten Pesawaran 494.537 pohon, produksi 14,9 ton per musim tersebar di 11 kecamatan wilayah Kabupaten Pesawaran,” ungkapnya.

Ia menguraikan, walaupun jumlah pohon durian di Kabupaten Pesawaran cukup banyak namun produksi dan kualitas masih rendah, dan banyak pasokan dari daerah lain. Hal ini disebabkan karena petani masih belum menggunakan teknologi budidaya yang tepat, dan belum menggunakan varietas yang unggul.

“Dalam upaya meningkatkan produksi dan kualitas buah durian yang baik di Kabupaten Pesawaran, perlu menghasilkan varietas unggul baru dengan cara mengeksplorasi varietas lokal dengan memanfaatkan plasma nutfah yang ada. Karena itu, perlu dilakukan pencarian calon kandidat tanaman induk yang unggul dalam hal umur, rasa dan aroma dan khas duren Kabupaten Pesawaran melalui kontes buah yang akan diikuti seluruh petani durian yang ada di Kabupaten Pesawaran,” jelas Dendi.

Dengan kontes buah durian unggulan lokal, lanjut bupati, pihaknya mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melestarikan plasma nutfah tanaman durian yang menjadikan buah unggul yang potensial dan bernilai ekonomis tinggi.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada PT. Great Giant Pineapple yang telah memberikan bantuan dan kerjasamanya pada kegiatan ini. Di masa mendatang, kami mengharapkan dukungan baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun swasta tidak hanya pada sisi produksi semata, tetapi juga dukungan teknologi dan pemasaran, sehingga kesejahteraan masyarakat khususnya petani dapat meningkat yang sejalan dengan salah satu misi pembangunan Kabupaten Pesawaran adalah, untuk mewujudkan petani yang makmur dan sejahtera berbasis agribisnis,” terang Bupati Dendi.

Head of Agre Product Directur PT.Great Giant Food, Fauzan, mengaku pihaknya sangat bangga dengan potensi yang ada di Kabupaten Pesawaran khususnya durian.

“114 peserta ini jumlah yg luar biasa. Potensi lokal memang harus kita kembangkan, durian yang bagus di suatu daerah belum tentu bagus di daerah lain. Alangkah baiknya kita ambil durian daerah setempat. Kriteria penting dari unggulan durian adalah dari rasa, gurih atau tidak, ada rasa pahit juga ada rasanya kopi, juga dari ketebalan dagingnya. Selain itu, dari bentuk gak harus besar, tapi relatif bulat ini punya nilai tambah,” tutupnya. (YD)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.