Daftar CPNS, Siapa Tahu Rezeki!

Oleh: Reci Purwana

Banyaknya jumlah peminat terhadap sesuatu, otomatis membuat persaingan merebutkan semakin sengit. Gambaran ini sepertinya sejurus dengan penomena penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Mengutip keterangan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah akun pelamar CPNS 2018 tercatat sebanyak 4.436.694. Meskipun tidak mutlak, tetapi nyaris dapat dipastikan, semuanya memiliki harapan sama untuk bisa diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dampak dari semakin sengitnya persaingan ini, memaksa sebagian pelamar berpikir dan merasa setengah pasrah. Sebagai penyemangat untuk tetap mencoba, mungkin saja karena adanya dorongan kuat dari keluarga, biarpun jauh di dalam sanubarinya telah mengetahui peluang yang ada amat tipis. Mengingat banyaknya jumlah peminat.

Belum lagi sejumlah pikiran terus berkecamuk, akibat terkikisnya rasa kepercayaan terhadap oknum birokrasi, yang kerap melakukan praktik kotor. Menjadikan peluang sebagai kesempatan meraup keuntungan. Namun semoga saja itu sekedar rasa kekhawatiran, dan tidak benar-benar terjadi.

Karenanya, jika boleh menyimpulkan dalam bentuk tulisan, mungkin yang bisa mewakili kalimat setengah kepasrahan para pendaftar itu yakni ‘Daftar CPNS, Siapa Tahu Rezeki!’. (#)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.