Fokus Perencanaan Lampung Timur 2019

KIPRAHRAKYAT.COM– Plt Bupati Zaiful Bokhari mengungkapkan bahwa perencanaan Kabupaten Lampung Timur tahun 2019, akan fokus untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berbasis sektor unggulan daerah, serta memenuhi standar pelayanan minimal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pendapatan, mengurangi angka kemiskinan, dan membuka kesempatan kerja yang luas bagi masyarakat.

Hal ini diungkapkan pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lampung Timur tahun 2018 di Gedung Pusiban Komplek Pemda Kabupaten Lampung Timur, Rabu (21/3/2018).

Menurut Zaiful, untuk mencapai proyeksi sasaran pokok pembangunan daerah tahun 2019 tersebut, harus diperhatikan usulan/aspirasi masyarakat, dan harus berpedoman pada RPJMD Kabupaten Lampung Timur tahun 2016-2021, juga rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP), serta rancangan awal RKP dan RKPD Provinsi Lampung tahun 2019.

Zaiful menambahkan, Lampung Timur juga memiliki prioritas pembangunan daerah tahun 2019, yakni meningkatkan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan daya saing daerah, meningkatkan produksi, nilai tambah dan daya saing sektor pertanian dan perikanan, untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan masyarakat, dan memacu pengembangan pariwisata, usaha mikro, koperasi dan ekonomi kreatif, serta peningkatan iklim investasi.

Selain itu, sambung dia, meningkatkan pelayanan dasar guna peningkatan kualitas hidup dan daya saing masyarakat, serta meningkatkan tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi. “Untuk membiayai prioritas pembangunan daerah tersebut, kami telah meminta kepada seluruh aparatur pemerintah daerah, untuk dapat lebih bekerja keras mengoptimalkan potensi fiskal. Baik melalui optimalisasi belanja publik, maupun peningkatan potensi pendapatan asli daerah, peningkatan alokasi dana perimbangan dari pemerintah pusat, maupun lain-lain pendapatan daerah yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tuturnya. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.