Mahasiswa KKN Unila Gelar Sosialisasi Pembuatan POC Berbahan Dasar Daun Kelor

KIPRAH.CO.ID– Jumat (20/1/2023) pukul 09.00 WIB, Mahasiswa KKN Universitas Lampung (Unila) yang ditempatkan di Pekon Gunung Kemala mengadakan sosialisasi pembuatan Pupuk Organik Cair( POC) menggunakan bahan dasar daun Kelor.

Sosialisasi POC kepada Kelompok Tani (Poktan) Gunung Maju, Gunung Kemala itu diawali dengan pembukaan acara yang dibuka langsung oleh Peratin (Kepala Desa) Gunung Kemala, Fitra Kurniawan, S.IP.

Dilanjutkan dengan praktik pembuatan POC berbahan dasar daun Kelor yang dipraktikan langsung oleh mahasiswa KKN Unila. POC sendiri memiliki pengertian, yaitu larutan hasil dari fermentasi bahan-bahan organik yang berasal dari sisa tanaman dan kotoran hewan yang kandungan unsur haranya lebih dari satu.

Selain daun Kelor untuk membuat POC ada tambahan bahan pendukung lainnya yakni, beras, gula pasir, dan air. Bahan-bahan tersebut kemudian dihaluskan dan dicampurkan menjadi satu kedalam wadah tertutup dan difermentasi selama 14 hari setelah itu dapat diaplikasikan langsung ketanaman.

“Manfaat dari Pupuk Organik Cair (POC) berbahan dasar daun kelor ialah untuk mempercepat pertumbuhan tanaman,” ujar mahasiswa mendampingi Peratin.

POC ini diharapkan dapat dijadikan pupuk alternatif untuk menggantikan penggunaan pupuk kimia yang berlebihan agar terciptanya sistem pertanian yang ramah lingkungan, dan memberikan solusi penggunaan pupuk yang tepat bagi petani. (Gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.