Nanang Lepas Peserta Jamnas XI Tahun 2022 Kwartir Cabang Lampung Selatan

KIPRAH.CO.ID– Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto selaku Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Lampung Selatan melepas peserta Jambore Nasional XI tahun 2022 yang akan berlangsung di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, 13-21 Agustus 2022 mendatang.

Pelepasan tersebut digelar bertempat di Aula Krakatau, Kantor Bupati Lampung Selatan yang juga di hadiri langsung oleh Ketua Kwarcab Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto.

Jambore Nasional Gerakan Pramuka XI Tahun 2022 bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka.

Dalam laporan, Ketua Kwarcab Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakan, jambore Nasional yang diselenggarakan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka setiap 5 (lima) tahun sekali merupakan tugas Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang diamanatkan oleh Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka sebagai salah satu upaya mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

“Jambore Pramuka Penggalang adalah rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan perdamaian,” ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan, Jambore Nasional ke XI Tahun 2022 (Jamnas XI Tahun 2022) adalah sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi Pramuka Penggalang yang bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemadirian, keterampilan serta meningkatkan rasa kebangsaan yang ber “Bhinneka” sebagai manusia ber “IMTAQ”, ber “IPTEK” dan berjiwa Pancasila.

“Meskipun pandemi Covid-19 menunjukkan trend yang makin membaik, namum kewaspadaan dan penerapan protokol kesehatan tetap harus diterapkan dengan baik. Jamnas kali ini pelaksanaannya tidak sama dengan Jamnas sebelumnya, terutama yang berikatan dengan jumlah peserta,” jelasnya.

Diketahui, Peserta Kegiatan Jambore Nasional XI Tahun 2022 Kwartir Cabang Lampung Selatan berjumlah 20 orang peserta dengan rincian 2 regu pramuka penggalang yang masing-masing regu berjumlah 8 orang dan 2 orang pembina pendamping serta 2 orang asisten pembina (official).

Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Lampung Selatan (Mabicab) H.Nanang Ermanto dalam sambutannya berpesan, kepada 20 orang peserta perwakilan Kwartir Cabang Lampung Selatan untuk dapat menjaga nama baik serta mengharumkan daerah Lampung Selatan pada acara Nasional ini.

”Saya juga berterimakasih kepada seluruh orang tua yang hari ini hadir melepas putra/putrinya sebagai tim kontingen Jambore Nasional ke XI Tahun 2022. Mudah-mudahan berkat doa dari kedua orang tua dapat melancarkan segala kegiatan tim Jambore Kwarcab Lampung Selatan,” pesannya.

Menutup sambutan, Ia juga berharap, kepada seluruh perwakilan kontingen kabupaten Lampung Selatan ini yang mengikuti Jambore Nasional ke XI Tahun 2022 ini, dapat menjadi contoh karakter dari generasi-generasi mendatang yang mempunyai kedisplinan yang dibentuk melalui kegiatan pramuka ini.

“Dengan Lampung Selatan yang saat ini sedang memperbaiki serta mempersiapkan segala infrastruktur untuk mendukung pendapatan daerah, kelak insyaallah akan kita gelar Jambore Daerah di Lampung Selatan,” tutupnya. (Han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.