Nyaris Ambruk, Warga Berharap Pemerintah Segera Tangani Kerusakan Beronjong Way Krui

KIPRAH.CO.ID– Kondisi beronjong penahanan air di sepanjang tepi Way Krui, Pekon Gunung Kemala Timur, Pemangku Ulok Bamban, Kabupaten Pesisir Barat, memprihatinkan dan nyaris ambruk. Warga mulai merasa khawatir, mengingat jaraknya cukup dekat dengan permukiman penduduk.

Warga sekitar, Yurhasan menuturkan kondisi tersebut semakin parah pasca terjadi bencana banjir beberapa hari terakhir ini. “Warga sekitar sangat khawatir dengan ambrolnya beronjong tersebut. Jika tidak segera ditanggulangi jelas mengancam pemukiman. Beronjong ini dibangun sudah lumayan lama, sejak masih masuk wilayah Kabupaten Lampung Barat,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (23/10/2018).

Menurutnya, selain faktor bencana alam, kerusakan beronjong tersebut juga karena usia. Banyak kawat pengikat yang telah berkarat dan rapuh. “Karenanya, kami berharap supaya pemerintah segera menangani kondisi ini. Bila perlu beronjongnya diganti. Sebab kalau sampai rusak total, akan mengancam keselamatan warga sekitar,” kata Yurhasan.

Terpisah saat dimintai keterangan Kepala Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) Pesisir Barat, Ade Kurniawan, mengaku pihaknya telah mengetahui perihal adanya kerusakan beronjong di Way Krui tersebut.

“Perencanaan sudah ada, tapi baru tahap perencanaan mengingat anggaran di 2019 sangat terbatas. Mudah-mudahan saja bisa terealisasi,” tutur Ade. (Gus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.