Pembinaan dan Pelaksanaan Keuangan Pekon, Ini Sorotan Sekda Pesisir Barat

KIPRAH.CO.ID– Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Azhari membuka acara pembinaan pelaksanaan keuangan dan perencanaan pekon di GSG Selalaw, Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (27/2/2019).

Dalam sambutannya, Azhari menyampaikan bahwa dalam upaya mewujudkan dan membentuk kualitas sumber daya manusia serta profesionalisme aparatur pemerintahan pekon, maka perlu dilakukannya pembinaan pelaksanaan keuangan dan perencanaan yang mengarah pada pengetahuan, kepribadian, terampil dan bertanggung jawab sebagaimana amanat uu nomor 6 tahun 2015 tentang desa.

“Saya mengajak seluruh yang hadir di sini supaya dapat membangun komitmen bersama untuk melakukan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan di tingkat pekon yang transparan, akuntabel dan partisipatif,” kata Azhari.

Dalam rangka menjalankan roda pemerintahan, lanjut Sekda, maka semua yang dikerjakan pemerintah pekon harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat melalui mekanisme yang telah diatur.

“Salah satu yang harus disusun oleh pemerintah pekon adalah laporan keuangan pekon, yang dalam periode tertentu harus disusun dan dipertanggungjawabkan, karena laporan keuangan pekon merupakan bagian penting dalam menentukan salah satu kinerja tugas pemerintah pekon,” ujar Sekda.

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh peserta agar menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menggali ilmu dan saling bertukar informasi, dalam upaya peningkatan kemampuan pelaksanaan keuangan dan perencanaan pekon, dan diharapkan sepulangnya dari pembinaan, peserta memahami kebijakan pemerintah dalam tata kelola pemerintahan desa/pekon, memahami revolusi mental dalam tata kelola pemerintahan desa/pekon, memahami perencanaan pembangunan desa/pekon, terampil menyusun RPJMDes dan RPJMDes, memahami pengelolaan keuangan desa (PKD), memahami perencanaan pengelolaan keuangan desa (PKD) dan memahami pelaksanaan pengelolaan keuangan desa (PKD).

“Khususnya kepada para tenaga ahli p3md untuk dapat memberikan informasi dan masukan, agar nantinya dapat dikembangkan serta diterapkan oleh para peserta untuk pelaksanaan tugas dan fungsi kesehariannya di pekon masing-masing,” tuturnya.

Turut hadir pada acara tersebut Asisten Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Lingga Kusuma, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Murliana, Koordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Pesisir Barat Jhon Kenedy, seluruh camat dan diikuti 116 Peratin se-Kabupaten Pesisir Barat. (Gus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.