Pengurus MUI KPB Masa Khidmat 2023-2028, Komitmen Bupati dan Amanah Keumatan

KIPRAH.CO.ID– Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pesisir Barat masa khidmat 2023-2028 dikukuhkan. Prosesinya berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Selalaw, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (18/10/2023) pukul 13.00 WIB.

Pengukuhan dilakukan Ketua MUI Provinsi Lampung, KH. Suryani M Nur, MM didampingi Bupati Pesisir Barat Dr.Drs, H. Agus Istiqlal, S.H.,MH dan Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Barat, Agus Cik, S.Pd.,S.E.

Ketua Panitia Penyelenggara, Betyanto mengatakan pengukuhan itu diikuti 20 orang dewan pimpinan dan 75 unsur komisi : yakni komisi fatwa dan hukum, advokasi dan hubungan antar lembaga.

Kemudian, komisi ekonomi dan syariah, penelitian dan pengembangan, ukhuwah dan kerukunan, dakwah dan pendidikan, generasi muda, pemberdayaan perempuan dan anak, seni budaya dan pariwisata, dan terakhir komisi lingkungan hidup.

Selain pengukuhan, kegiatan itu juga digandeng dengan Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) MUI Kabupaten Pesisir Barat (KPB). Semua anggota komisi melakukan musyawarah, merumuskan, merancang dan menetapkan hasil musyawarah menjadi program kerja MUI KPB periode lima tahun kedepan.

Pengukuhan susunan kepengurusan MUI KPB masa khidmat 2023-2028, dibacakan Sekretaris Umum MUI Lampung, H. Mansur Hidayat berdasarkan Surat Keputusan MUI Provinsi Lampung Nomor: Kep-066/DP-P.IX/IX/2023.

Adapun Susunannya sebagai berikut :
Dewan Pertimbangan:
Ketua : Ahmad Khotob
Sekretaris : M. Koni
Anggota:
H. Muzni
H Bustanul Fikri
H Sinarni
H M Rifai
John Edwar
H Johan Iskandar
H Mustain Rom,li
H Khairil Anwar
H Ridwanullah
H Faisal Purnama

Dewan Pimpinan harian
Ketua Umum : Kadarusman
Ketua:
Agus Mawardi
Buyung Sudirman
Bahirman Hamka
Farid Makmur
H Fihri Nur
Azharuddin

Sekretaris Umum : M. Koni
Sekretaris:
Sakdan
Betyanto
Zaini Santoso
Margono
Ihsan Sobari
Hotman Suarsa

Bendahara Umum: Mat Yusuf
Bendahara:
Herdi Wilismar
Hefzon Kurnia
Marlin Muslim
Mei Salko

Pengukuhan dan musyawarah kerja mengambil tema “MUI BERKHIDMAT UNTUK UMMAT” itu diawali dengan pembacaan ikrar pengurus yang dibacakan Ketua MUI Provinsi Lampung, diikuti seluruh peserta yang dikukuhkan. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengukuhan pengurus MUI KPB, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat oleh Bupati Pesisir Barat dan seluruh tamu undangan yang hadir.

Komitmen Bantu Berdirinya Kantor MUI KPB

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menyampaikan bahwa MUI merupakan suatu lembaga yang mewadahi para ulama, mempunyai peran penting dan strategis dalam pembinaan umat.

“MUI memiliki peranan dan fungsi yang sangat besar dalam pembangunan dan memperkokoh sendi-sendi etika, moral spiritual kehidupan berbangsa dan bernegara, sekaligus sebagai pencerah, pencerdas dan pembimbing umat dengan ajaran dan nilai-nilai Islam,” katanya.

Ia berharap, MUI dapat bersama-sama bersinergi dengan pemerintah daerah beserta seluruh elemen masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang timbul di tengah masyarakat. MUI juga dituntut untuk dapat menjembatani kepentingan antara pemerintah dan masyarakat, serta melengkapi setiap peran dan fungsi pemerintah dalam pembangunan di bidang keagamaan.

Orang nomor satu di negerinya para saibatin dan ulama ini, berkomitmen untuk membantu berdirinya kantor MUI Kabupaten Pesisir Barat.

Sementara Ketua MUI Provinsi Lampung, KH. Suryani M Nur menyampaikan ucapan selamat kepada semua pengurus yang baru saja dikukuhkan. “Seiring dengan dikukuhkannya semua pengurus MUI KPB, saya ingin menyampaikan apa yang menjadi kelebihan dari MUI. Yang paling luar biasa, MUI adalah tempat berhimpunnya ulama dan tokoh Ormas Islam di tengah-tengah masyarakat untuk berkhidmat demi bangsa dan negara,” ungkapnya.

Dengan kelebihan ini, kata Suryani M Nur, MUI harus bergerak maju di dalam memberikan kontribusinya untuk ummat. MUI harus responsif dan solutif dalam setiap permasalahan keumatan dan kemasyarakatan baik tingkat kabupaten maupun kecamatan.

“Berilah pemerintah itu masukan bukan cercaan, dan berikan umat itu nasehat bukan kontroversi. MUI harus lebih menguatkan peran, diantaranya mitra pemerintah dalam mendukung pembangunan melalui instrument keagamaan. Memediasi pemerintah dengan masyarakat melalui pelayanan keumatan, serta menjadi rujukan hukum pemerintah dan masyarakat melalui keputusan agama. Perlu sinergi yang baik kalau ingin membangun kabupaten ini ke depan,” tegasnya.

Serius Jalankan Amanah Keumatan

Ketua Terpilih MUI KPB, Kadarusman mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pesisir Barat yang telah hadir, memberikan arahan pada peserta pengukuhan, dan merespon terkait akan berdirinya kantor MUI KPB secara permanen. “Kami sangat bersyukur dan bergembira atas respon Pak Bupati untuk berdirinya kantor MUI secara permanen, karena saat ini MUI masih menyewa di rumah penduduk,” ungkap Kadarusman.

“MUI akan terus membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan visi misi serta cita-cita pemerintah daerah Kabupaten Pesisir Bara,” lanjut Kadarusman.

Ia menginginkan, MUI bisa bermitra dengan pemerintah. Selain itu, ia juga mengharapkan kepada bupati dan ketua DPRD dapat mendukung program-program kerja MUI yang telah dirumuskan pada Mukerda.

Selanjutnya, kata Kadarusman, akan disampaikan kepada pemerintah daerah dan DPRD, agar bisa diberi dukungan payung hukum dalam penerapan program-program MUI dalam mendukung kinerja pemerintah daerah.

Dia juga meminta kepada seluruh pengurus yang baru selesai dikukuhkan, agar serius dalam menjalankan amanah keumatan. “Pesisir Barat ini kan julukannya Negeri Para Saibatin dan Ulama. Jadi keberadaan MUI KPB ini adalah sebagai wadah antara umara dan ulama, agar bisa merefleksikan kabupaten ini sesuai slogannya. Dengan harapan Kabupaten Pesisir Barat menjadi Baldatun Toyyibatun Warobul Ghofur,” tuturnya. (Red/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.