Satgas TMMD dan BPBD Sosialisasikan Penanggulangan Bencana Alam

KIPRAH.CO.ID– Satgas TMMD ke -113 Kodim 0422/LB bersama BPBD Kabupaten Pesisir Barat memberikan Penyuluhan Simulasi Menghadapi Bencana Gempa & Stunami kepada Warga di lokasi TMMD, Pekon Sukamaju Kecamatan Ngaras, Sabtu (21/05/2022).

Dandim 0422/LB, Letkol Czi Anthon Wibowo melalui Dan SSK Kapten Arm Iwan Sudrajat mengatakan, bahwa kegiatan penyuluhan ini salah satu sasaran non fisik kegiatan TMMD yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0422/LB, dengan tujuan memberikan pemahaman kepada warga tentang hal-hal yang dilakukan pada saat terjadi gempa.

Selain itu melalui kegiatan itu juga membiasakan warga menghadapi bencana baik gempa atau sunami, serta bencana alam lain seperti longsor dan banjir.

“Kegiatan penyuluhan simulasi bencana ini merupakan masih serangkaian kegiatan Non Fisik dalam mensukseskan TMMD ke 113 dan sekaligus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa yang harus dikerjakan dan dihindari apabila terjadi bencana di daerah khususnya desa ini,” ujar Dan SSK.

Sementara Kepala BPBD Pesisir Barat Mirza mengatakan, kegiatan TMMD Ke 113 di Pesisir Barat merupakan kegiatan sektoral yang melibatkan semua pihak. Dan saat ini BPBD dan BMKG laksanakan sosialisasi, mitigasi bencana.

Dikesempatan itu kepala BPBD Pesisir Barat memaparkan penyebab tanda-tanda dan terjadinya sunami serta antisipasi.

“Kegiatan ini merupakan antisipasi atau simulasi kepada warga bila terjadi gempa atau sunami. Dalam paparannya mengupas tentang Mitigasi bencana dan cara warga untuk menyelamatkan diri,” kata Kepala BPBD Pesisir Barat. (Gus)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.