Tes UM-PTKIN, UIN Raden Intan Kampus Pendaftar Terbanyak Ketiga

KIPRAH.CO.ID– Tes Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di UIN Raden Intan Lampung, Selasa (22/5/2018) berjalan lancar. Ujian ini dilakukan serentak di 57 PTKIN seluruh Indonesia.

Pada tes UM-PTKIN tahun ini, UIN Raden Intan menjadi kampus dengan pendaftar terbanyak ketiga setelah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Ampel Surabaya. Dengan Jumlah pendaftar berturut-turut sebanyak 6719 orang di UIN Syarif Hidayatullah, 6481 orang di UIN Sunan Ampel dan 5881 terdaftar di UIN Raden Intan Lampung. Sementara dari jumlah peminat UIN Raden Intan Lampung menduduki peringkat pertama di Sumatera.

Kabag Akademik, Dra. Farida Harun menerangkan, dari total tersebut, 110 peserta ujian mengunakan sistem computer based test (CBT) dan sisanya menggunakan paper based test (PBT). Pelaksanaan tes secara PBT maupun CBT berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur. “Alhamdulillah pelaksanaan UMPTKIN tahun ini berjalan dengan lancar, walaupun masih ada sedikit kendala, namun semua itu masih bisa kita atasi,” terang Farida.

Lebih lanjut, Farida menjelaskan bahwa pelaksanaan tes UMPTKIN ini melibatkan 588 tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan sebagai pengawas, selain itu, satuan pengamanan juga dikerahkan untuk mengatur ketertiban dan keamanan kampus. “Sementara, peserta tes yang tidak hadir antara lain kelompok IPA 12 orang, Kelompok IPS 292 orang dan kelompok IPC 51 orang. Totalnya 359 orang,” lanjut Farida.

Pelaksanaan test UMPTKIN ini juga mendapat pantauan langsung dari Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, yang diwakili oleh Kasubbag TU Dit. PTKI Abdullah Hanif berserta staf, langsung meninjau dan memantau pelaksanaan tes UMPTKIN ini.

Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama, Drs. Jumari Iswadi, MM memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan ini “Terimakasih untuk seluruh sivitas akademika yang telah bekerja dengan dedikasi tinggi dan ikhlas sehingga pelaksanaan UM berjalan dengan sukses,” kata Jumari pasca pelaksanaan tes UM-PTKIN.

Rektor UIN Raden Intan, Prof Dr H Moh Mukri MAg juga berterimakasih atas kerja keras panitia yang telah berhasil memberikan pelayanan prima terhadap peserta UM-PTKIN. “Tim telah memberikan yang terbaik kepada peserta tes. Terimakasih semuanya. Semoga UIN menjadi tempat yang baik untuk anak-anak kita menuntut ilmu dan mencari jati diri,” kata Mukri. (rls)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.