Wapres Jusuf Kalla Resmi Buka Rakernas Tarbiyah Perti

KIPRAH.CO.ID– Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah-Perti) dengan ditandai pemukulan gong, di Swiss Bell Hotel, Bandar Lampung, Sabtu (28/7/2018). Rakernas dengan tema Tarbiyah-Perti Mengawal Perhelatan Demokrasi Yang Damai dan Bermartabat Bagi Keutuhan NKRI tersebut berlangsung sukses dan diharapkan mampu mengawal keutuhan NKRI.

Dalam sambutannya, Wapres berharap kepada seluruh organisasi masyarakat tak terkecuali Perti mendukung kemajuan bangsa Indonesia dengan berfokus pada pendidikan dan sosial. “Di Indonesia telah banyak terbentuk organisasi-organisasi kemasyarakatan. Organisasi tersebut harus berfokus pada pendidikan dan sosial dalam memajukan bangsa Indonesia, termasuk Organisasi Islam seperti Tarbiyah-Perti yang harus fokus dalam upaya dakwah, pendidikan dan sosial,” ujar Jusuf Kalla.

Wapres menjelaskan organisasi islam seperti Tarbiyah-Perti harus menjadi lembaga dalam memajukan dakwah, pendidikan dan sosial di Indonesia. “Terdapat sekitar 88% umat islam di Indonesia, sehingga banyak organisasi islam yang lahir. Organisasi Islam ini harus mampu mendukung dalam memajukan bangsa Indonesia, terutama dibidang pendidikan dan sosial,” jelasnya.

Untuk memajukan pendidikan, lanjut Wapres, dibutuhkan peranan semua pihak. “Kita berharap bersatunya Tarbiyah-Perti kembali, dapat mengevaluasi dan menghasilkan program kerja yang mampu memajukan pendidikan dan sosial,” tutur Wapres.

Wapres Kalla meyakini tidak ada yang dapat memajukan bangsa Indonesis di berbagai bidang seperti industri dan bidang lainnya tanpa adanya ilmu pengetahuan dan teknologi. “Dan dasar dari semua itu adalah pendidikan itu sendiri. Oleh karenanya butuh peranan kita bersama untuk mewujudkannya sehingga dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wapres Jusuf Kalla meminta Tarbiyah-Perti mendorong dan memberikan contoh baik, terutama dibidang pendidikan dan sosial. “Karena syarat utama dalam mendukung dan membangun bangsa dan negara adalah mengembangkan pendidikan dan sosial. Dan Pemerintah akan mendorong dan memfasilitasi Tarbiyah-Petri dalam mewujudkan hal tersebut,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, mengucapkan selamat datang kembali kepada Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla beserta rombongan di Provinsi Lampung.

“Ini merupakan suatu kebanggaan bagi Provinsi Lampung karena dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah-Perti). Tentunya kepercayaan ini merupakan bukti bahwa Provinsi Lampung merupakan Provinsi yang aman dan kondusif,” jelas Gubernur Ridho.

Ia menjelaskan bahwa Wapres Jusuf Kalla merupakan sosok tokoh pemersatu umat Islam di Indonesia. “Beliau adalah bapak bagi bangsa Indonesia yang telah memberikan keteduhan, percontohan dan penjaga bingkai indonesia. Beliau adalah guru utama bangsa Indonesia,” tutur Ridho.

Gubernur Ridho juga menjelaskan Provinsi Lampung sangat multi etnis dan multi kultur. Hampir tidak ada yang namanya pergesekan, terutama terkait agama dan keyakinan. “Kita semua terus berupaya untuk saling menghargai dan menghormati. Umat Islam, khususnya yang ada di Lampung harus mampu membawa kedamaian, keteduhan, dan merangkul seluruh lapisan masyarakat yang ada di Lampung, termasuk Tarbiyah-Petri,” jelasnya.

Ridho juga menekankan organisasi Islam harus semakin aktif dalam memberikan contoh sebagai Islam yang mampu memberikan kedamaian di dunia, termasuk umat islam di Provinsi Lampung. “Selamat kepada Tarbiyah-Perti yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Kami Pemerintah Provinsi Lampung siap mendukung 24 jam kegiatan Tarbiyah-Perti. Pasca kegiatan ini, diharapkan mampu bersama dalam menyiarkan agama islam, menjaga iman islam masyarakat Lampung ditengah tantangan global saat ini. Sehingga dapat membangun dan membentuk masyarakat yang maju dan religius,” harap Gubernur.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PP Tarbiyah – Perti, Basri Bermanda mengucapkan terimakasih kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah hadir dalam acara pembukaan rakernas Tarbiyah-Perti, dan kepada Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo yang telah memfasilitasi jalannya rakernas ini. “Ini merupakan hal yang luar biasa. Kontribusi masyarakat dan Pemda Lampung sangat baik,” jelas Basri.

Ia menuturkan Tarbiyah-Perti sebagai organisasi yang hidup di Indonesia, akan terus berupaya dalam tanggung jawab, menjaga keutuhan dan kedamaian NKRI. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.