Menkes RI: Jangan Ada Lagi Anak Kekurangan Gizi

KIPRAHRAKYAT.COM— Dengan sumberdaya alam di Indonesia yang begitu suburnya apalagi Provinsi Lampung, jangan ada lagi permasalahan mengenai masih ada anak dengan kekurangan gizi (stunting).

Demikian penekanan Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita Anfasa Moeloek dalam rapat kerja kesehatan daerah (rakerkesda) Provinsi Lampung Tahun 2018 di Hotel Novotel Bandar Lampung, Senin (2/4/2018) malam.

“Anak tidak akan tumbuh berkembang dengan baik, dan kepandaiannya juga berkurang apabila terjadi penurunan stunting. Tentu mereka tidak akan mampu mencapai pendidikan yang baik, dan menjadikan beban bagi bangsa,” ujar Nila.

Ia menguraikan, penurunan stunting juga bisa disebabkan oleh pernikahan dini. Akibat kurangnya pengetahuan, pagu hamil yang tidak sesuai, sehingga akhirnya anak lahir dengan stunting.

Selain itu, sambung Menteri Nila, air bersih dan sanitasi perlu juga dalam masa ibu yang sedang hamil. “Kita perlu air bersih, dan sanitasi. Kalau tidak ada akses air bersih dan sanitasi, akan terjadi cacingan, kurang gizi, akhirnya ibu hamil akan kekurangan gizi melahirkan anak yang kurang gizi pula,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.