Pemerintah Tiyuh Pagar Buana Arahkan DD 2023 untuk Mendukung Program K3W

KIPRAH.CO.ID– Untuk memulihkan perekonomian masyarakat Pemerintah Desa/Tiyuh Pagar Buana, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tulangbawang Barat (TUBABA) menggunakan dana desa (DD) tahun 2023 untuk kandang, kolam kebuntuan dan wisata (K3W), Selasa (16/05/2023).

Perogeram kandang, kolam, kebuntuan dan wisata (K3W) yang digagas oleh penjabat (PJ) Bupati Tulangbawang Barat Dr. Zaidirina, program tersebut bertujuan untuk pemulihan perekonomian masyarakat Tubaba.

Untuk mendukung program K3W Kepalo Tiyuh Supadi menggunakan dana desa tahap pertama 20 persen untuk ketahan pangan di realisasikan penelitian bibit ikan, kambing dan bibit sayuran.

“Untuk mendukung program K3W yang bertujuan untuk pemulihan ekonomi masyarakat,kita mengguna kan dana desa untuk membeli kambing sebanyak 32 ekor yang kita bagi kan ke 4 kelompok dan kita juga membeli bibit Ikan lele sebanyak 6000 biji, bibit itu kita bagaikan setiap suka.
Untuk bibit ikan sebanyak 1000 biji yang kita tebar di embung Tiyuh dan juga kita memerlukan pembagian bibit sayuran terong,cabe dan tomat ke masyarakat,” paparnya.

Sambung nya kembali untuk membantu meringankan kan ekonomi masyarakat yang kurang mampu pemerintah tiyuh memberikan bantuan langsung tunai BLT-DD ke 26 Keluarga penerima manfaat.

“Di tahun ini kita melakukan musyawarah kepa BPT Rt, Rk dan masyarakat kita untuk menetapkan penerima manfaat BLT-DD tahun 2023 sebayak 26 orang dengan sarana nya Waga yg cacat permanen dan lansia, sudah di salurkan selama 3 bulan,” imbuhnya.

Dirinya juga menambah selain batuan sosial dan perogeram K3W,tiyuh yang di pimpin nya melakukan perbaikan jalan dan berencana membangun gorong-gorong pelat sebayak 12 titik.

“Untuk memulihkan kan akses jalan masyarakat kita kita melakukan perbaikan jalan di perbatasan tiyuh Bagar buana ke tiyuh Indraloka Mukti,dan juga kedepannya kita akan merencanakan pembangunan goreng-gorong pelat sebayak 12 unit yang tersebar di suku 1samai suku 4 guna untuk pemerataan pembangunan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.