Pemprov Dukung PPN Kembangkan Agribisnis di Lampung

KIPRAHRAKYAT.COM– Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh pengembangan agribisnis perunggasan agar maju, tangguh, dan efisien, sehingga mampu meningkatkan perekonomian.

Hal ini disampaikan Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis dalam acara Pelantikan Pinsar Petelur Nasional (PPN) Wilayah Lampung Tahun 2018-2023 di Hotel Emersia, Rabu (14/3/2018).

Menurutnya, pembangunan di bidang peternakan/perunggasan provinsi memiliki posisi yang sangat strategis sebagai penyangga berbagai kebutuhan terutama sektor pangan bagi Provinsi DKI, Banten, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Jambi, serta provinsi lainnya di Sumatera melalui produk primer yang dihasilkan petani, peternak, nelayan dan lainnya. “NTP Provinsi Lampung tercatat sebesar 104,19. Artinya bahwa usaha pada sub sektor perunggasan khusunya memiliki prospek yang sangat cerah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hamartoni mengatakan dukungan Pemerintah Provinsi Lampung sangat banyak di bidang peternak maupun pertanian maupun bidang lainnya. Salah satunya perbaikan infrastruktur jalan yang kian mantap, sehingga arus barang jasa menjadi lebih lancar. Selain itu di bidang pertanian, Provinsi Lampung mampu memenuhi target produksi padi 2017 dari Kementerian Pertanian RI yakni 4,4 juta ton gabah kering giling (GKG).

“Lampung juga ditargetkan menjadi lumbung ternak nasional, dan sudah menjadi perhatian Presiden dan pengusaha peternak merupakan bagain dari terwujudnya upaya tersebut. Sehingga pengusaha peternak diharapkan terus memacu kinerja dan juga kualitas SDM yang ada, sehingga kita dapat berhasil dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan,” tambahnya.

Terakhir Hamartoni berharap PPN wilayah Lampung, terus menjalin kerjasama dan sinergitas dengan pemerintah daerah dalam pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi pada periode berikutnya. “Selamat atas dilantiknya PPN Wilayah Lampung. Semoga dapat menjalankan dan mengemban amanah sesuai dengan visi dan misi organisasi,” tutur Hamartoni.

Ketua PPN Wilayah Lampung, Jenny Soelistiani berharap dengan dikukuhkannya organisasi peternak ini dapat menjadi wadah yang lebih responsif yang didasari rasa saling terbuka, saling percaya, saling bekerjasama, saling mendukung dan saling membantu meningkatkan produktivitas di bidang peternakan. Selain itu, ia juga berharap dua kecamatan yaitu Purbolinggo Lampung Timur dan Gading Rejo Pringsewu, dapat dikukuhkan sebagai sentra peternak ayam petelur Lampung.

Sementara Ketua Presidium PPN Pusat, Yudianto Yosgiarso, mengatakan pihaknya berharap organisasi ini mampu menyatukan gerak langkah peternak untuk selalu bekerjasama, saling mendukung dan memecahkan masalah bersama, sehingga kelangsungan usaha peternak bisa terus bertahan hingga generasi ke generasi.

Dalam acara ini juga dilakukan MoU antara Pinsar Petelur Nasional (PPN) dengan Universitas Lampung Fakultas Pertanian dan Politeknik Negeri Lampung, serta Sekolah Menengah Kejuruan Peternakan di Provinsi Lampung dalam rangka menambah keterampilan siswa dan mahasiswa. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.