Pemprov Lampung Dorong Sertifikasi Kompetensi Pelaku Jasa Konstruksi

KIPRAHRAKYAT.COM—Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya dalam meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM), salah satunya dengan mendorong program peningkatan kompetensi pelaku jasa kontruksi.

Demikian diungkapkan Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat, dalam acara rapat koordinasi dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program peningkatan kompetensi pelaku jasa konstruksi di Ballroom Hotel Horison Lampung, Rabu (4/4/2018).

“Pemerintah Provinsi Lampung telah mencanangkan program Lampung kompeten di tahun 2016, sebagai upaya dalam meningkatkan SDM dengan harapan, mampu bersaing dan memiliki nilai tawar di tingkat internasional,” ujar Taufik Hidayat.

Menurutnya, pelaksanaan peran pembinaan dalam bidang jasa kontruksi merupakan hak dan tanggung jawab pemerintah, baik pusat maupun daerah. “Salah satu yang terpenting dalam pengembangan jasa kontruksi adalah, peningkatan kompetensi bagi tenaga kerjanya,” jelas dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Lampung, Rony Witono, menjelaskan pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional pada masa kabinet kerja.

Peranan strategis dalam pembangunan nasional, tentunya memerlukan pembinaan baik terhadap penyedia jasa, pengguna jasa, maupun masyarakat dalam mewujudkan tertib usaha jasa kontruksi, tertib penyelenggaraan pekerjaan kontruksi, dan tertib pemanfaatan hasil pekerjaan kontruksi.

“Upaya sertifikasi merupakan jawaban untuk menciptakan tenaga kerja kontruksi yang handal dan berkualitas di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung. Sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja diharapkan bisa memudahkan dalam mendapatkan lapangan pekerjaan, yang berujung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Lampung,” jelasnya. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.