Polres Metro Musnahkan Ratusan Liter Tuwak

KIPRAHRAKYAT.COM—Menjelang bulan suci ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2018, Polres Kota Metro menyita 704 liter tuwak dan 12 botor minuman keras (miras) rumahan, dan langsung melakukan pemusnahan di Halaman Mapolres Metro, Jumat (20/4/2018).

Pemusnahan miras kali ini, serentak dilakukan di Provinsi Lampung dan disaksikan langsung oleh beberapa tokoh agama Kota Metro, diantaranya Buya Zakarya Ahmad perwakilan dari pengurus Masjid Taqwa, H. M Soleh Ketua MUI Metro, Ketua FKUB dan organisasi masyarakat.

Kapolres Metro, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Umi Fadilah, mengatakan penyitaan barang bukti berupa miras jenis tuwak dan bir itu, merupakan hasil kegiatan kepolisian yang ditingkatkan oleh polsek-polsek dan satuan Sabhara Metro.

“Ada sebanyak 704 liter miras jenis tuwak dan 12 botol miras yang kita musnahkan. Karena mayoritas masyarakat Kota Metro mungkin cukup mahal jika membeli miras jenis bir jadi beralih ke tuwak, dan kami akan melakukan operasi ini terus menerus. Terutama menjelang bulan ramadhan hingga usai Hari Raya Idul Fitri,” ujar Kapolres.

Ia menerangkan, miras jenis tuwak sejati nya adalah minuman tradisional, tetapi akan membuat mabuk jika berlebihan mengkonsumsinya. “Tuwak sebenarnya adalah minuman tradisional, dan masyarakat Kota Metro banyak yang mengkonsumsi tetapi dengan berlebihan, sehingga menyebabkan efek mabuk. Dan kasusnya tuwak ini dicampur dengan berbagai macam obat yang bisa membahayakan,” ungkapnya. (dik)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.