Rakor Implementasi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Provinsi Lampung 2023

KIPRAH.CO.ID– Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membuka Rapat Koordinasi Implementasi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) Provinsi Lampung serta Konvergensi Pencegahan Stunting Provinsi Lampung Tahun 2023 di Hotel Emersia, Senin (20/2/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan komitmen Pemerintah Provinsi Lampung melalui visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur serta 2 (dua) dari 33 (tiga puluh tiga) agenda kerja prioritas yaitu “Perempuan Berjaya” dan “Lampung Ramah Perempuan dan Anak”.

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung mengapresiasi inovasi yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, dalam mewujudkan Desa Model DRPPA sekaligus Konvergensi Pencegahan Stunting di Provinsi Lampung.

“Ini merupakan contoh prototype Provinsi Layak Anak dapat terwujud dengan “keroyokan” program dalam skala pemerintahan terkecil, yaitu desa/kelurahan baik dari sisi penganggaran, kelembagaan, maupun pelaksanaan pembangunan itu sendiri,” ucapnya.

Ada beberapa isu strategis yang diupayakan untuk dituntaskan melalui agenda tersebut :

1. Masih tingginya kasus kekerasan yang terjadi. Pada Tahun 2022, di Provinsi Lampung tercatat terjadi 600 kasus dengan 664 korban, dimana 73% korbannya adalah anak-anak dan perempuan.

2. Terdapat 649 dispensasi perkawinan pada anak yang dikeluarkan Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Lampung.

3. Prevalensi stunting Provinsi Lampung pada Tahun 2022 sudah cukup baik yaitu 15,8 % (turun cukup signifikan dari 18,8 % pada Tahun 2021).

4. Kontribusi perempuan di sektor ekonomi di Provinsi Lampung baru mencapai 29,31 % pada Tahun 2021. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.