Ads  

Ribuan Masyarakat Ikuti Fun Run dan Sepeda Santai HUT ke-59 Provinsi Lampung

KIPRAH.CO.ID– Ribuan masyarakat Lampung mengikuti kegiatan Fun Run dan Sepeda Santai dalam rangka memperingati HUT ke-59 Provinsi Lampung di Lapangan Saburai Enggal, Minggu (19/03/2023).

Dalam rangka memperingati HUT ke-59 Provinsi Lampung, dua kegiatan digelar sekaligus pada hari yang sama, yakni sepeda santai yang diikuti Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, bersama Forkominda Lampung dan pejabat Lampung lainnya seperti Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi, serta sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.

Berdasarkan data Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung terdapat 1200 peserta kalangan muda hingga tua yang mengikuti kegiatan Fun Run, sedangkan sepeda santai diikuti sekitar 1500 orang dengan jarak 10K diikuti umum dan 5K sebagian besar adalah kalangan pelajar.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam kesempatan itu mengajak seluruh masyarakat untuk tetap berolahraga supaya hidup semangat, optimis dan punya daya juang untuk tetap menang.

Gubernur Arinal Djunaidi mengatakan bahwa Lari memiliki sejarah panjang sebelum menjadi olahraga dan diperlombakan hingga berkembang sampai sekarang. Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sejarah panjang olahraga lari bermula sejak 776 SM (sebelum masehi) di Kota Olympia, Yunani Kuno. Lomba lari di stadion pada 724 SM menandai lahirnya olahraga lari di ajang kompetisi.

Kemudian pada 1896, Olimpiade modern pertama kali digelar dan di perlombaan yang sama, lari secara resmi menjadi olahraga yang dipertandingkan secara internasional. Hingga saat ini olahraga lari terus berkembang dan menjadi tren ditengah masyarakat dunia termasuk di negara kita. Masyarakat mulai menjadikan lari sebagai hobi atau sarana untuk berolahraga.

“Begitu pula dengan sejarah sepeda pertama kali ditemukan pada tahun 1817 oleh Baron Karls Drais Von Sauerbronn yang berasal dari Jerman, dan dalam perkembangannya sepeda kini semakin meningkat dan semakin bertambah,” ujar Gubernur. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.