Sekdaprov Fahrizal Harapkan Kolaborasi Lapisan Masyarakat Jaga Lingkungan

KIPRAH.CO.ID– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membuka acara Seminar Lingkungan Provinsi Lampung bertempat di Swiss-Belhotel Lampung, Selasa (06/06/2023).

Dalam sambutannya, Sekdaprov menyampaikan bahwa berdasarkan data United Nations Environment Programme (UNEP) bahwa di tahun 2040 akan terdapat 29 juta ton plastik masuk ke ekosistem perairan,  yang mana hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran bahwa Indonesia akan memberikan kontribusi sumbangan sampah terbesar didalamnya.

“Penduduk Indonesia saat ini kurang lebih berjumlah 270 juta jiwa, dan menurut proyeksi di 2045 Indonesia emas penduduk Indonesia akan diatas 300 juta jiwa, dan sampah menurut teorinya itu punya korelasi dengan jumlah penduduk, setiap orang menghasilkan sampah tergantung gaya hidupnya,” ucapnya.

Dengan jumlah penduduk Indonesia saat ini masuk dalam empat besar di dunia, akan ada kemungkinan Indonesia akan memproduksi sampah dalam jumlah besar, untuk itu Sekdaprov berharap dengan potensi yang penduduk yang besar ini harus menjadi penyelamat lingkungan.

“Jangan sampai penduduk Indonesia yang besar prestasinya hanya menimbulkan sampah, hanya mengotori air dengan sampah, merusak lingkungan. Dengan potensi penduduk yang besar ini, harus menjadi penyelamat lingkungan semua. Semua orang harus mempunyai kontribusi untuk menyelamatkan lingkungan,” lanjutnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.