Selain Akademik, Guru Harus Bekali Pelajar Berorganisasi

Tanggamus (KR): Selain kemampuan akademik, guru juga harus memberikan bekal berorganisasi kepada pelajar. Hal ini diungkapkan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dalam acara silaturahmi anggota MKKS SMA dan ASN di Lapangan Pemkab Tanggamus, Kamis (8/2/2018).

“Organisasi akan membentuk jiwa kepemimpinan generasi muda Lampung. Kita harus mempersiapkannya, bukan hanya dari segi pendidikannya, tetapi juga dari segi kepemimpinannya melalui organisasi,” kata Gubernur Ridho.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur juga menyampaikan apresiasi atas keberhasilan para guru dan pemerintahan di Tanggamus dalam mendongkrak peringkat Indeks Prestasi Pendidikan (IPP) dari urutan ke 14 menjadi 11.

“Saya yakin dalam beberapa tahun ke depannya, Indeks Prestasi Pendidikan dapat menjadi peringkat tiga. Selain itu, pendidikan pemetaan Tanggamus juga merupakan yang terbaik di Lampung. Saya yakin dengan semangat kekompakan dan optimisme, maka prestasi pendidikan akan semakin baik,” kata Ridho.

Ia menambahkan, dirinya akan terus memperjuangkan SMA/SMK gratis di Kabupaten Tanggamus pada 2019. “Dalam waktu setahun, Pemprov Lampung telah menggratiskan SMA/SMK di 6 (enam) kabupaten,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, gubernur juga menitipkan masa depan generasi muda Lampung. “Kalau kita serius di sektor pendidikan, maka Lampung akan semakin maju dan diiringi dengan pendidikan generasi muda yang maju. Untuk itu, saya titipkan kepada bapak ibu guru untuk membina dan membantu mereka,” jelasnya.

Seperti diketahui IPP Kabupaten Tanggamus sempat sangat terpuruk dengan peringkat posisi ke 14 se-Provinsi Lampung. Hal ini memacu Bupati Samsul Hadi untuk terus meningkatkan mutu kualitas pendidikan, mulai dari kinerja sampai SDM yang ada. Untuk mewujudkan peningkatan Indeks Prestasi Pendidikan, perlu ada komitmen untuk melakukan perubahan, juga melakukan inovasi-inovasi, sehingga indeks prestasi itu bisa naik. (rep)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.