Wagub Chusnunia Buka Workshop Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tingkat Regional

KIPRAH.CO.ID– Wakil Gubernur Chusnunia membuka Workshop Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tingkat Regional di Provinsi Lampung, bertempat di Balai Keratun Lt.III, Kamis (06/07/2023).

Workshop ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengelolaan keuangan desa dan pemanfaatan hasil penggunaan keuangan desa pada tingkat Kabupaten/Kota maupun desa, Meningkatkan kapasitas pengawas pemerintah daerah dan perangkat desa dalam mengelola keuangan desa, serta mendorong penguatan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan pengelolaan keuangan desa yang lebih transparan dan akuntabel.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Chusnunia menyebutkan, saat ini Pemerintah Provinsi Lampung telah berkomitmen untuk memajukan desa dan mengatasi kemiskinan melalui program unggulan _Smart Village_ dan program unggulan lainnya seperti e-Samdes (elektronik Samsat Desa), DesaMart dan Implementasi Kartu Petani Berjaya (KPB).

Wagub Chusnunia selanjutnya mengungkapkan bahwa sejak tahun 2021 telah dikembangkan inovasi pelayanan pembayaran PKB melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menggunakan aplikasi e-Samdes dengan tujuan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat. Sampai saat ini sudah sebanyak 277 Bumdes menjadi agen e-Samdes.

Adapun tujuan program Smart Village ini yaitu untuk mengoptimalkan potensi desa di Provinsi Lampung agar menjadi salah satu kekuatan sosial-ekonomi di Indonesia, dengan fokus kegiatan pada Layanan Administrasi Pemerintahan Desa, Layanan Administrasi Kependudukan, serta Pemberdayaan Ekonomi, dan Peningkatan Kapasitas Aparatur. “Tentu muaranya untuk peningkatan kesejahteraan warga desa,” kata Wagub Chusnunia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.