Wagub Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Menteri Dalam Negeri

KIPRAH.CO.ID– Wakil Gubernur Chusnunia mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual, di Ruang Rapat Sakai Sambayan, Senin (12/06/2023).

Inflasi nasional pada bulan Mei 2023 sebesar 4% (yoy) atau 0,09% (mtm). Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang memimpin langsung Rakor tersebut mengungkapkan bahwa angka tersebut merupakan yang terendah sejak Juli 2022.

“Semua berkat kerja keras pemerintah pusat dan seluruh pemerintah daerah. Fakta ini menunjukkan bahwa apa yang telah dilakukan, sudah _on the right track_. Kita tinggal perlu konsistensi, jangan pernah bosan,” kata Mendagri.

Mendagri juga menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan angka inflasi nasional sebesar 3%.

Dalam rakor tersebut juga terungkap, telah terjadi kenaikan beberapa harga komoditas pangan seperti daging ayam ras, telur ayam ras dan jagung di tingkat peternak.

Mendagri meminta seluruh daerah yang mengalami kenaikan harga beberapa komoditas tersebut untuk memonitor dan menstabilkan harga bila terjadi kenaikan yang terlalu tinggi.

Mendagri juga meminta agar seluruh daerah terus melakukan monitoring stok dan harga komoditas pangan, khususnya menjelang HBKN Idul Adha. “Ada beberapa komoditas yang menjadi perhatian, seperti daging ayam ras, telur ayam ras, jagung di tingkat peternak. Boleh naik tapi jangan terlalu tinggi yang memberatkan masyarakat atau konsumen,” kata Mendagri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.