Dana Tersendat, Pembangunan TPS3R Kelurahan Daya Murni Terlambat

KIPRAH.CO.ID– Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) sebuah upaya peningkatan ekonomi terhadap masyarakat agar sampah-sampah dapat bernilai, sehingga kelompok masyarakat memperoleh penghasilan tambahan untuk keluarganya.

Pembangunan TPS3R di Kelurahan Daya Murni, Kecamatan Tumi Jajar, Kabupaten Tulangbawang Barat, Provinsi Lampung, belum rampung meski telah memasuki tahun 2023.

Informasi yang diperoleh, dalam Rencana Umum Pengadaan (RUP) pembangunan TPS3R tersebut merupakan alokasi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Tubaba tahun anggaran 2022, bangunan tersebut berada di suku 05 Kelurahan Daya Murni dengan motode swakelola tipe 4 yang pekerjaannya dilakukan oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) kelurahan setempat.

Salah satu pekerja saat ditemui di lokasi bangunan, Sulikun mengatakan pengerjaan bangunan tersebut belum selesai karena jarang dikerjakan. Ia pun mengaku sebagai buruh harian lepas, dan cuma mengikuti arahan Ketua KKM.

“Belum selesai, tinggal lantai dan ngecatnya, karena materialnya habis. Kami cuma bawahan. Apa kata atasan. Disuruh kerja, ya kita kerja, di suruh berhenti dulu ya kita berhenti,” kata dia saat di lokasi, Selasa (03/01/2022).

Saat di konfirmasi Murni, Ketua KKM mengatakan pembangunan TPS3R mengalami keterlambatan tersendatnya anggaran dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Tubaba bahkan Tim Fasilitator Lapangan (TFL) sekaligus menjabat Sekretaris Camat (SekCam) mengeluarkan uang pribadi untuk melanjutkan pekerjaan tersebut.

“Kucuran dananya dari pemkab terlambat, ini aja makanya masih bisa berlangsung kerjaannya karena di talang fasilitator Pak Surya Sekcam,” ungkapnya.

Lanjut dia untuk perlengkapan bangunan tersebut yaitu 1 buah bentor pengangkutan sampah, satu buah mesin untuk pencacah sampah dan satu buah bak sampah. “Kita masih pesan 1 buah bentor, 1 buah mesin cacah, 1 buah bak sampah,” jelas dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.