Gubernur Ridho Resmikan Desa Agrowisata Sungai Langka

Pesawaran (KR): Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo meresmikan Desa Agrowisata Sungai Langka, Kabupaten Pesawaran, Sabtu (10/2/2018), ditandai dengan pemotongan pita yang diletakkan pada buah durian dan salak.

“Untuk menjadikan desa sebagai Desa Agrowisata, perlu dilakukan secara bertingkat, terarah dan terukur. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Lampung sangat mendukung dan akan memberikan bantuan pariwisata,” ujar Ridho.

Menurutnya, pengembangan pariwisata merupakan salah satu kebijakan strategis Pemerintah Provinsi Lampung. “Pemerintah Provinsi Lampung memiliki tiga kebijakan strategis yakni di sektor ketahanan pangan, industrialisasi dan pariwisata,” ungkapnya.

Salah satu tumpuan pengembangan pariwisata, lanjut dia, yakni Kabupaten Pesawaran. “Semua masyarakat harus sadar bahwa Pesawaran merupakan salah satu tumpuan pariwisata Lampung. Karena itu, masyarakat mulai dari sekarang harus terbuka dan ramah dengan para pendatang dari luar Lampung,” jelas Ridho.

Ia menjelaskan, Kabupaten Pesawaran tidak kalah dengan Bali, masyarakat Desa Sungai Langka harus ramah dengan para pendatang, mempersiapkan adat budaya yang dapat meningkatkan desa agrowisata, serta membentuk karakter masyarakat sadar wisata. Setelah itu, baru mempersiapkan tempat-tempat yang nyaman untuk para pengunjung.

“Kalau membicarakan agrowisata, kita harus mampu mengangkat hal yang lebih dari desa lainnya, sehingga masyarakat luas senang untuk melakukan kunjungan ke Desa Sungai Langka. Seperti mempersiapkan cara pemilihan durian yang bagus, memiliki tempat makan enak, alam dan sederhana namun nyaman bagi masyarakat luar,” terangnya.

Untuk itu, kata Ridho, Desa Sungai Langka sebagai desa agrowisata harus mempersiapkan hasil komoditinya berupa buah durian, kakau dan salak, serta komoditi andalan lainnya serta pendukung lainnya yang mampu menjadi pendukung sebagai desa agrowisata.

“Ini adalah rintisan awal pengembangan Desa Agrowisata dan perlu dukungan dari semua pihak. Semoga program desa agrowisata ini dapat berhasil, dan ke depannya harus mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” tuturnya. (rep)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.