Kiprah Nyata Ridho-Bachtiar untuk Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik

KIPRAH.CO.ID– Pasangan calon gubernur lampung nomor urut satu, Muhammad Ridho Ficardo-Bachtiar Basri, tampil percaya diri saat memaparkan program Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik, yang menjadi tema dalam debat kandidat Pilkada Lampung 2018 sesi dua di Hotel Novotel Lampung, Sabtu (28/4/2018) malam.

Dalam paparannya, Ridho menyampaikan bahwa dalam tiga tahun masa kepemimpinannya bersama Bachtiar Basri, telah melakukan langkah-langkah reformasi birokrasi untuk mewujudkan pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas KKN.

Tujuannya, sambung dia, agar pemerintah provinsi mampu melayani publik dengan baik, yakni dengan dedikasi tinggi dan memegang teguh nilai-nilai dasar kode etik aparatur negara. Adapun langkah-langkah yang dilakukan, diantaranya dengan penguatan kelembagaan sesuai urusan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi, kemudian meningkatkan efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas ketatalaksanaan melalui penerapan e-government.

“Selain penguatan kelembagaan dan penerapan e-government, reformasi birokrasi, juga dilakukan dengan meningkatkan kompetensi aparatur melalui diklat, bahkan sampai ada yang kita kirim ke Lemhanas RI,” paparnya.

Kemudian, terkait dengan pelayanan publik, Ridho menyatakan bakal melanjutkan program sekolah gratis melalui Bosda, yang saat ini baru berjalan di 6 kabupaten. “Baru satu tahun ini SMA/SMK kewenangannya dialihkan ke provinsi, alhamdulillah sudah 6 kabupaten merasakan sekolah gratis, tahun depan insya Allah seluruh kabupaten akan kita gratiskan,” jelasnya.

Di bidang layanan kesehatan, lanjut Ridho, sesuai undang-undang dan amanat pemerintah pusat, semua daerah akan mematuhi pelaksanaan BPJS Kesehatan. Dan untuk menunjang hal tersebut, maka pelayanan dan fasilitas kesehatan akan terus ditingkatkan, terutama layanan rumah sakit keliling untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Di sisi infrastruktur, M.Ridho Ficardo dengan mantap menyatakan, tahun depan jalan provinsi mantap 100 persen, bersamaan dengan program Lampung Terang 2019 yang akan mengaliri seluruh desa terisolir di Provinsi Lampung.

Tidak ketinggalan, untuk membuka pintu investasi seluas-luasnya ke Provinsi Lampung, paslon nomor urut satu ini menyatakan akan mempermudah perizinan melalui layanan satu pintu secara online. Paparan singkat namun padat dari pasangan Ridho Berbakti tersebut, disambut rius tepuk tangan meriah dari tamu undangan, maupun ratusan relawan yang menyaksikan debat kandidat di halaman Hotel Novotel melalui Big Screen yang telah disiapkan KPUD Lampung. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.