Titin Suprayitno Kunjungi PKK Tanggamus

KIPRAHRAKYAT.COM– Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Titin Surti Kustinah melakukan kunjungan kerja ke Kantor PKK Kabupaten Tanggamus, Jumat (16/3/2018).

Hal ini dalam rangka pembinaan, bersilaturahmi, sekaligus melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan-kegiatan PKK di Kabupaten Tanggamus. “Karena seperti diketahui bersama, bahwa Kabupaten Tanggamus khususnya dalam kegiatan-kegiatan PKK, selalu mendapatkan penghargaan-penghargaan di Tingkat Nasional. Hal ini tentunya hasil kerja dari ibu-ibu tim Penggerak PKK bersama OPD terkait, serta tingginya partisipasi masyarakat,” ujar Titin, istri Pjs. Gubernur Lampung Didik Suprayitno.

Menurutnya, PKK memiliki komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan keluarga dan masyarakat. “PKK setiap saat, mampu tampil ke depan sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan,” kata dia.

Selain itu, sambung Titin, Kabupaten Tanggamus juga sudah sejak beberapa tahun yang lalu telah mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Lampung dalam hal pembangunan. Sehingga dapat mengantarkan kabupaten ini meraih berbagai prestasi.

“Rasanya tidak berlebihan jika saya menyampaikan bahwa jajaran PKK di setiap jenjang wilayah, hendaknya tetap konsisten untuk mengabdikan diri di tengah masyarakat, baik sebagai penggerak sekaligus sebagai pelaksana program di wilayahnya, yang secara sukarela di dasari oleh semangat pengabdian yang tinggi,” ungkapnya.

Titin berharap melalui jalinan kerjasama yang erat dengan berbagai komponen masyarakat, jajaran PKK mampu menghadapi berbagai hambatan dan tantangan, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus, Hartati Zainal Abidin mengatakan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus sendiri telah melakukan berbagai kegiatan, seperti mengadakan bimbingan teknis untuk pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Selain itu, melakukan sosialisasi PKK hasil Rakernas VIII PKK Tahun 2015, yaitu Bidang Kelembagaan PKK, Bimtek Kegiatan Pokja I sampai dengan Pokja IV di 20 Kecamatan. “Tentunya dalam melaksanakan 10 program pokok PKK ini, kami membina dan memberdayakan segenap potensi masyarakat, baik di pekon maupun di kecamatan yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat secara adat istiadatnya, sosial budaya, maupun tingkat ekonominya,” ujarnya.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola 10 Program Pokok PKK, kata Hartati, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus telah mengadakan kegiatan-kegiatan sosialisasi.

Sosialisasi tersebut, lanjut Hartati, seperti rumah layak huni, mengkonsumsi makanan beragam, bergizi dan berimbang, kampanye penangulanggan HIV/AIDS, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat dan sosialisasi gerakan serentak 3M Plus (Menguras, Menutup dan Mengubur).

“Adapun Pelatihan yang diadakan antara lain pelatihan pengolahan ikan, pelatihan revitalisasi Posyandu menuju keluarga sehat sejahtera dan TOT LP3PKK. Selain itu, juga dilaksanakan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur dan Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau,” jelasnya. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.